Tutorial Membuat dan Mendownload Sertifikat OPDA

Diposting oleh Septyand Dwi C. (Tyn 4 All) pada 23:02, 08-Jun-11

Di: Tips S60v3

opda1.jpgBagi teman-teman pengguna ponsel symbian s60v3,tentu saja mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu apa gunanya membuat sebuah sertifikat untuk ponsel kalian.Bagi yang belum tau,ya,boleh tau di sini.Sebelumnya,pada artikel dulu di blog ini,saya sudah menulis cara pembuatan sertifikat via OPDA,tetapi berhubung ada perubahan di situs resmi OPDA tersebut,maka saya memutuskan untuk menulis ulang cara pembuatan sertifikat OPDA dan cara mendownloadnya.

Membuat sertifikat OPDA ataupun sertifikat dari situs lain sangat penting bagi kalian yang suka mengutak-atik atau memodifikasi ponsel kalian.Dengan sebuah sertifikat dan key,maka kita akan dengan mudah bisa menginstall aplikasi apapun yang kita inginkan.Selain itu,sertifikat OPDA ataupun lainnya,itu adalah syarat utama untuk menghacking ponsel symbian s60v3.Nah,jadi,jangan bilang kalian belum punya sertifikat OPDA,ya?(Hari gini ngga punya sertifikat,apa kata dunia???)

Bagi teman-teman yang rajin membuat sertifikat OPDA,kalian pasti tahu bahwa baru-baru ini,situs opda.cn sudah berubah domain menjadi www.shoujizu.net.Masih tetap bisa digunakan untuk request sertifikat,namun tampilannya sudah beda,seperti di bawah ini :
shoujizu.net_720.jpg

Aslinya,tampilan shoujizu.net menggunakan bahasa cina.Untuk lebih mudahnya,kalian masih bisa mengakses via cer.opda.cn/en dan akan langsung di bawa ke situs shoujizu.net dalam bahasa inggris.

Nah,ternyata,bukan hanya tampilan dan domainnya saja yang berubah.Proses request certifikat juga sudah berubah,lho.Saya sudah mencoba merequest sertifikat untuk ponsel E72 temen saya.Biasanya sih,hanya butuh waktu maksimal 1 hari kerja saja sertifikat-nya sudah bisa di download.Tetapi,ketika sudah 1 hari dan saya kunjungi,sertifikatnya sudah jadi,hanya saja tidak bisa di download begitu saja.Kita diminta untuk memberikan donasi.Sebenarnya sih,donasi ngga apa-apa.Tapi bagi yang ngga punya dana pasti akan keberatan,donk..ngga tanggung-tanggung,lho..5 dollar..wah!!!Sedangkan untuk free user,di minta menunggu sampe 3-5 hari kerja.

Saya pun menunggu sampe 4 hari!Tapi,ternyata tetap tidak bisa di download.Kesal,akhirnya saya googling dan ketemu deh cara download-nya.Akan saya share di sini.

Pertama-tama,tentu saja proses request sertifikat.Sebelum melakukannya,kalian harus mempunyai akun di OPDA.Bagi yang sudah punya,boleh lewati step ini.Bagi yang belum punya akun di OPDA atau Shoujizu sekarang,silakan register dulu di http://shoujizu.net/en/register.php . Bagi yang sudah punya akun,silakan login saja dengan akun kalian.

Langkah selanjutnya adalah proses pembuatan sertifikat.Untuk melakukannya,silakan klik saja menu apply certifikate seperti gambar di bawah ini :

screenshot0008_thumb.jpg

Berikutnya silakan isi kolom-kolom yang sudah disediakan seperti gambar di bawah ini.Untuk kode imei ponsel,silakan ketikkan saja *#06# langsung dari menu standby ponsel kalian.Setelah diisi,silakan klik submit dan upload.Setelah itu,kita akan otomatis di bawa ke menu my certificate.

screenshot0011_thumb_1.jpg

screenshot0012_thumb.jpg

Setelah proses request,kita tinggal menunggu sampai certifikat dan key kita jadi.Kalian bisa melihatnya melalui menu my certificate pada kolom operate.Jika sudah tersedia,kalian sudah bisa mendownload-nya.Tetapi perlu cara khusus untuk mendownload cer dan key yang sudah jadi itu,lho.

Bagi pengguna opera mini ataupun UCWEB pada ponsel,kalian bisa mendownloadnya dengan cara mengklik tulisan cer dan key-nya.Kalau bisa,buka di tab baru saja agar lebih mudah.Begitu halamannya terbuka,langsung saja pencet stop!Ingat,langsung distop sebelum loading bar-nya di bagian bawah opmin jalan!Selanjutnya,silakan edit link download-nya.Ubah tulisan check pada link menjadi down.Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas!

ss0179.jpg

cersv.jpg

cer2.jpg

cer3.jpg

cer4.jpg


ss0182.jpg

Begitu juga dengan pengguna pc.Silakan lihat gambar di bawah ini :

89779725.jpg

Copy link downloadnya dan buka di taruh di tab baru browser PC kalian.Selanjutnya,ubah kata check menjadi down..jangan sampe ada yang salah hapus,ya?Hanya kata check saja..

Sudah jelas,kan?Bagi yang kurang jelas,boleh tanya atau jika ingin minta dibuatin,juga boleh kalo saya sempat..he..he..he..cara di atas sudah saya test dan berhasil.Jadi,kuharap teman-teman juga tidak mengalami kegagalan. Silakan coba,ya? 

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

11 tanggapan untuk "Tutorial Membuat dan Mendownload Sertifikat OPDA"

kangjack pada 20:43, 09-Jun-11

Numpang absen.Makasih atas infonya bro.

http://kangjack.heck.in
[follow this blog n makasih banyak]

kangjack pada 13:12, 13-Jun-11

Nyimak plus absen siang sob.

somse pada 18:04, 23-Jun-11

reguest sob...nhe imeinya 356059034640785 e71

.::ArisBoy::. pada 22:10, 27-Jun-11

ngikut nyimk s0b,, tpi syng hp q s60v2..

Zieedane pada 18:27, 01-Jul-11

NOKIA N79
356387029744852

Trians60v3 pada 04:46, 03-Jul-11

[color=lime]udh d psang sob,,, monggo d chek.
oy. opda ne lgi bnyk error, 42 IME msih Being Produced mulu.
jd sbel bngt toh![/color]

Tyn 4 All pada 11:21, 03-Jul-11

wah... lama ga ol....
snjata pamungkas ane masi masuk bengkel ne.....

kangjack, ArisBoy, - Ok sob....

somse, Zieedane - bner ap kta bos trian ky'nya, Opda lagi error.... ia sabar aj dulu bos...... uda ampir 2 hri masi produced mulu

zieedane pada 23:51, 22-Jul-11

owh trnyta opda lg error y bro?kpn jd ny y?ko lama bgt?

Igoen pada 17:22, 30-Sep-11

Nyimak gan...
Dan trimakasih INFOnya...

Aday pada 05:44, 24-Okt-11

Tilis euy..

andy pada 21:26, 26-Okt-11

buatin dong masbrow ampe pusing nie kplaq susah bnget crnya

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar